PENDAMPINGAN GURU PENGGERAK

SD Negeri 1 Kalisari (27-04-2024), Pendampingan individu bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu:

  • mengembangkan  diri sendiri dan juga guru  lain  dengan cara melakukan refleksi,  berbagi,  dan kolaborasi;
  • memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik;
  • merencanakan,  menjalankan, merefleksikan, dan  mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.

Proses pendampingan individu akan berlangsung satu bulan sekali sepanjang proses Pendidikan Guru Penggerak. Dalam setiap bulannya, Pengajar Praktik akan mengunjungi sekolah Calon Guru Penggerak selama kurang lebih 4 jam pelajaran untuk mengamati kegiatan pembelajaran dan perubahan yang terjadi di sekolah sebagai implementasi pembelajaran daring dan lokakarya serta mengajak mereka merefleksikan prosesnya.

Pendidikan calon  Guru Penggerak  lebih fokus bagaimana menjadi seorang guru yang memiliki kemampuan pedagogi  yang mumpuni, sesuai dengan perkembangan zaman, menghargai perbedaan pada siswa, memaksimalkan kompetensi dan potensi yang dimiliki  siswa,dan dan berbasis kebudayaan lokal.