LOMBA TARI TINGKAT KECAMATAN

Lomba Tari yang di laksanakan pada tanggal 15 Agustus 2022 yang bertempat di kantor Kecamatan Banyuglugur

SD Negeri 1 Kalisari menampilkan Tarian Dengan Tema Muang Sangkal.

Tari muang sangkal adalah tari tradisional masyarakat dari Madura yang dilakukan untuk ritual tolak bala. Tari muang sangkal sering ditampilkan di berbagai acara.

Tari muang sangkal adalah tari tradisional yang sangat terkenal dan menjadi salah satu ikon seni tradisional di Madura, Jawa Timur.

ari muang sangkal diciptakan dari rasa kepedulian para seniman terhadap kekayaan yang dimiliki oleh Madura yang kaya akan karya seni dan keunikan di dalamnya serta mengangkat kembali sejarah kehidupan Keraton Sumenep pada zaman dahulu.

Muang sangkal adalah tarian yang kini menjadi ikon seni tari di Madura. Tari muang sangkal pertama kali ada pada tahun 1972 di Sumenep yang diciptakan oleh Bapak Taufikurrachman.

Keunikan pada tari muang sangkal asli Madura ini dilihat dari jumlah penari yang ganjil dengan memakai kostum pengantin legha khas Sumenep berwarna merah, hitam, dan kuning.

Warna kostum mempunyai makna tersendiri yakni kapodhang nyocco’ sare yang artinya adalah rato prapa’na bunga.

Sedangkan untuk paduan warna kostum merah dan hijau atau kuning dan hijau mengandung folosofi kapodang nyocco’ daun yang artinya rato prapa’na bendhu.

Pada bagian bawah kostum menggunakan kain panjang di bagian dalam dan di bagian luar menggunakan beberapa kain tambahan berwarna merah dan kuning sebagai pemanis.