SELEKSI LOMBA FLS2N

SD Negeri 1 Kalisari (02/03/2024) Mengikuti selesi FLS2SN (LOMBA SENI SISWA NASIONAL) yang di laksanaan di SDN 1 Kalianget Kegiatan ajang talenta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik di setiap satuan pendidikan. Selain itu, ajang ini juga menjadi momentum untuk menemukenali anak-anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta. Dalam mengikuti ajang talenta, mereka akan mendapatkan tantangan dalam menampilkan ide dan bakat minatnya dengan berkarya dan berekspresi. Kegiatan ajang talenta merupakan bagian dari proses pembinaan prestasi  talenta  secara  berkelanjutan, dan  turut  andil dalam  mengembangkan  karakter peserta didik menuju profil Pelajar Pancasila.

Pedoman pelaksanaan ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang FLS2N SD kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya, khususnya dalam lingkup Koorwil Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Banyuglugur. Diharapkan dengan pedoman pelaksanaan ini, penyelenggaraan seleksi tingkat kecamatan Banyuglugur untuk lima cabang lomba dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selamat mempersiapkan diri, belajar dan berlatih hingga mencapai prestasi yang membanggakan.

Tujuan

Pedoman pelaksanaan seleksi tingkat kecamatan Banyuglugur dalam Festival LombaSeni Siswa Nasional jenjang SD 2024 ini diantaranya sebagai berikut.

  1. Memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul di bidang seni
  2. Menumbuhkembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
  3. Meningkatkan kreativitas dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.
  4. Membangun persahabatan dan karakter yang toleran terhadap keberagaman.
  5. Mempererat  persatuan   dan  kesatuan  peserta  didik   se  kecamatan   Banyuglugur khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

Hasil yang Diharapkan

  1. Tersedianya wadah bagi peserta didik sekolah dasar untuk berkreasi dibidang seni.
  2. Meningkatnya ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter yang berbasis budaya bangsa
  3.  Meningkatnya kreativitas dan motivasi untuk mengekspresikan  diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan pada bidang seni.
  4. Tumbuhnya sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik sekolah dasar.
  5. Memberikan pengalaman untuk memahami makna keberagaman dan perbedaan, khususnya dalam hal seni budaya sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa

Cabang seni yang dilombakan dalam Seleksi Kecamatan Banyuglugur dalam Festival, Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) terdiri dari lima cabang berikut.

No

Cabang Lomba

Jumlah Peserta

1

Menyanyi Solo

1 (individu)

2

Gambar Bercerita

1 (individu)

3

Seni Tari

3 (Tim)

4

Pantomim

2 (Tim)

5

Kriya

1 (Individu)