SUPERVISI ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

SD Negeri 1 Kalisari(06/02/2024), Supervisi Administrasi Pembelajaran Semster Genap 2023/2024 Oleh Pengawas Muhammad Anwaruddin, S.Pd.M.Pd Dan Ka Korwil Hj Dewi Sundari, S.Pd.M.Pd.

Administrasi guru adalah pedoman yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung efektif .Administrasi guru  merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru, tanpa administrasi yang lengkap, maka proses pembelajaran tidak berjalan efektif sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. 

Tugas pokok seorang guru adalah melakukan persiapan pembelajaran ( administrasi pembelajaran) , melaksanakan kegiatan pembelajaran serta melaksanakan asesmen hasil pembelajaran. Hal ini merupakan siklus kegiatan belajar mengajar yang  memiliki konektifitas secara konstruktif yang tidak bisa diputus atau dipisahkan.

Supervisi Akademik merupakan bantuan profesional kepada Guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran, sehingga Guru dapat membantu Peserta Didik untuk belajar lebih aktif, kreatif, inovatif, efektif, efisein dan menyenangkan. Supervisi ini bertujuan untuk memantau dan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di sekolah.

Dalam supervisi ini, pengawas melakukan pengecekan terhadap dokumen-dokumen administrasi pembelajaran yang disiapkan oleh guru-guru mata pelajaran tersebut. Dokumen-dokumen tersebut antara lain adalah kalender pendidikan, program tahunan, program semester, dokumen CP, PTP, PATP, modul ajar, dll serta program perbaikan dan pengayaan. Pengawas juga memberikan saran-saran perbaikan dan masukan-masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.